Sabtu, 09 Maret 2013

Mari Mengubah Dunia dengan Teknologi Informasi


Seiring dengan globalisasi di dunia, tentunya banyak tuntutan yang memaksa semua orang untuk bisa bekerja secara lebih cepat, lebih murah, dan pastinya lebih mudah. Untuk itulah IT lahir dengan seluruh daya tarik yang menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan. Di sinilah peran IT sangat-sangat dibutuhkan. Kemampuan IT tidak hanya bagi dunia kerja dan pendidikan, tetapi bagi seluruh dunia secara universal. Anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua pasti membutuhkan teknologi dan informasi. Pertanyaannya sekarang adalah apa sebenarnya peran IT dalam proses perkembangan dunia?
Peran IT jelas sangat sentral. Mengapa? Sebab salah satu ciri yang menandai perubahan era globalisasi adalah munculnya teknologi dan informasi itu sendiri. Kehadiran dan perkembangan teknologi informasi (TI) selama lebih dari 25 tahun terakhir telah merubah perekonomian dunia dari ekonomi industri menuju ekonomi informasi. Jaman baru kehidupan manusia telah dimulai dengan revolusi di bidang informasi sehingga faktor informasi menjadi pendorong penciptaan kekayaan dan kemakmuran. Di dalam perekonomian yang demikian, organisasi saling bersaing dengan kemampuan di dalam memperoleh, memanipulasi, menginterprestasi, dan menggunakan informasi secara efektif.
Para pengguna media elektronik percaya bahwa teknologi informasi (TI) telah menyebabkan komunikasi berlangsung efisien hingga meningkatkan produktivitas organisasi dan individu. Namun tak sedikit yang beranggapan, teknologi informasi dapat mengurangi sensitivitas organisasi dan anggotanya terhadap lingkungannya sehingga justru menjadi teknologi pengganggu (disruptive technology) yang mengakibatkan kegagalan perusahaan. Namun, disadari atau tidak disadari, teknologi informasi telah merubah cara berkomunikasi manusia baik dilingkungan organisasi maupun lingkungan sosial lainnya.
Teknologi Informasi juga mengubah cara kerja manusia, cara memproduksi, cara mengkoordinasi, cara berpikir dan perubahan-perubahan besar telah terjadi melalui pemanfaatan teknologi informasi di dalam berbagai sistem bisnis dan organisasi. Lingkungan bisnis yang berubah dengan pesat sebagian besar disebabkan oleh penemuan dan implementasi teknologi informasi. Kehadiran  teknologi informasi membuat dunia semakin tidak mengenal batas antar negara dengan negara lainnya (borderless). Dalam hal ini teknologi informasi telah mengaburkan batas-batas organisasi, pasar, dan masyarakat, mempersingkat batasan ruang dan waktu, serta menyederhanakan kompleksitas. Dengan perubahan tersebut, struktur dan budaya organisai juga disesuaikan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam setiap proses bisnis yang pada ahirnya akan menghasilkan budaya dan struktur organisasi baru yang lebih efektif dan efisien. [1]
Jadi, teknologi informasi telah mampu mengubah lingkungan bisnis menjadi dinamis dan bergerak cepat. Interaksi dengan perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan transformasi bisnis dan organisasi. Oleh karena itu, dunia IT sangat-sangat berperan karena perkembangan TI begitu cepat berkembang dan kompleks, serta mencakup dalam setiap sisi kehidupan, terutama di era globalisasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar